Kantor bisa berarti banyak hal. Bisa kantor di rumah, kantor di sebuah gedung, atau kantor di sebuah area khusus. Idealnya desain interior selalu disesuaikan dengan tujuan ruang tersebut. Tujuan utama dari setiap bisnis pastilah ingin mencapai profit melalui produktivitas yang tinggi. Untuk mencapai produktivitas yang tinggi umumnya dikaitkan dengan berjalannya kegiatan usaha secara maksimal. Namun ada sisi-sisi lain yang secara tidak langsung juga mendukung tercapainya profit yaitu bagaimana desain interior suatu perkantoran akan mencerminkan budaya, nilai, visi dan merek yang diusung oleh bisnis tersebut. Misalnya sudah pasti desain interior kantor pengacara berbeda dengan kantor ruang praktek dokter. Meskipun sama-sama menawarkan jasa namun ada perbedaan nilai, visi dan budaya yang diusung dari bisnis tersebut.

Desain interior ruang praktek dokter akan lebih menggambarkan nilai-nilai kesehatan, visi untuk kesembuhan pasien dan budaya kesehatan yang akan menjadi citranya. Sedangkan desain interior kantor pengacara akan lebih menggambarkan nilai-nilai keadilan seperti persamaan hak, perlindungan hukum dan lain-lain. Meskipun ada perbedaan spesifik dari masing-masing ruang kantor namun tetap ada kesamaan yang bisa kita perhatikan saat mendesain ruang kantor.

  • Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting. Sudah pasti anda membutuhkan cahaya yang cukup untuk bekerja. Selain itu pencahayaan juga memiliki banyak fungsi. Cahaya matahari tentu baik untuk kesehatan. Sangat baik bila ruangan didesain dengan jendela-jendela yang cukup besar untuk memperbanyak cahaya yang masuk. Cahaya juga mempengaruhi mood. Saat Anda memasuki sebuah diskotik dengan lampu-lampu yang berkelap-kelip tentu apa yang Anda rasakan akan berbeda dengan saat Anda masuk ke sebuah restoran steak dengan lampu-lampu yang temaram untuk candle light dinner.

  • Perabot

Pilihan perabot perlu mempertimbangkan sisi kesehatan, kenyamanan, efisiensi dan lebih dari itu adalah citra apa yang ingin dibangun dari kantor Anda. Perabot yang mempertimbangkan unsur kesehatan dan kenyamanan berarti harus mempertimbangkan unsur ergonomis. Secara umum, kursi dan meja yang ergonomis berarti akan nyaman digunakan dan bekerja menjadi lebih efisien. Kursi yang tidak nyaman bisa membuat munculnya masalah kesehatan. Sementara salah memilih perabot bisa membuat alur kerja berantakan sehingga ujung-ujungnya pekerjaan menjadi tidak efisien. Terlalu banyak gerakan yang tidak perlu hanya karena salah memilih perabot pada akhirnya akan mengganggu alur kerja. Selain itu pemilihan perabot juga dapat memperkuat citra yang ingin ditampilkan perusahaan. Perusahaan yang menampilkan semangat keterbukaan bisa menggunakan desain interior dengan konsep terbuka tanpa sekat atau cubicle, atau lebih banyak ruang-ruang dengan kaca tembus pandang daripada dinding. Sementara kantor yang berisi anak muda dapat menggunakan perabot yang terkesan praktis, ceria dan bukan dengan desain kayu yang terkesan berat.

  • Dekorasi dan cat

Dekorasi dan cat dinding akan membantu menjaga mood atau semangat karyawan sekaligus memperlihatkan citra yang ingin dibangun perusahaan. Tulisan-tulisan yang memotivasi dapat kita lihat di rumah sakit dan sekolah-sekolah, boleh juga bila hal ini diterapkan di kantor. Sekarang banyak sekali dijual stiker-stiker dekorasi dinding berbentuk gambar atau tulisan yang bisa dipasang dan diganti dengan mudah sehingga tidak merusak dinding. Sementara cat dinding atau bahkan cat perabot juga mempengaruhi mood. Warna-warna tertentu akan memberikan efek tertentu secara psikologis. Misalnya warna putih memberikan rasa bersih, warna merah memberikan kesan untuk waspada atau semangat. Sekarang warna kursi tidak harus hitam atau biru, tapi bisa juga warna lain seperti hijau atau kuning. Demikian juga warna meja, tidak harus warna cokelat kayu tapi bisa juga warna putih bersih, abu-abu atau bahkan kombinasi.

  • Ruang rapat

Salah satu ruang penting di perkantoran adalah ruang rapat. Tidak seperti ruang kerja, ruang rapat dipergunakan oleh banyak orang. Ruang rapat digunakan untuk membicarakan berbagai hal yang mungkin sifatnya rahasia, atau berdiskusi tentang sesuatu. Desain interior harus bisa menciptakan suasana yang mendukung untuk terjadinya diskusi. Susunan perabot, bahan perabot dan penempatan peralatan rapat seperti papan tulis atau layer presentasi harus sesuai agar memperlancar kegiatan diskusi. Ruangan mungkin perlu diberikan bahan kedap suara untuk memastikan apa yang dibicarakan tidak terdengar sampai keluar ruangan. Demikian juga penggunaan sekat dari bahan kaca tembus pandang mungkin perlu dibatasi agar peserta rapat dapat berkonsentrasi tanpa melihat apa yang terjadi di luar ruang rapat.

  • Ruang istirahat

Ruang istirahat di perkantoran bisa berbentuk pantry, taman kecil, ruang makan, ruang baca bahkan ruang dengan sedikit alat olah raga atau hiburan. Ruang istirahat mutlak diperlukan di perkantoran karena Anda atau karyawan perlu beristirahat sejenak agar dapat fokus kembali. Desain interior di ruang istirahat harus melibatkan unsur kenyamanan seperti sofa, meja dan peralatan standard makan dan minum seperti microwave, alat pembuat the dan kopi. Tetapi jangan pula nyaman karena karyawan harus segera kembali bekerja. Dapat juga dilengkapi dengan tanaman hijau atau bahkan aquarium kecil. Hal-hal yang bersifat alami seperti ini cukup manjur untuk menghilangkan stress dalam waktu singkat.

Kesimpulan :

Bagaimanapun dalam desain interior sebuah kantor, hal-hal di atas harus diperhatikan. Seperti sebuah rumah yang harus nyaman dan fungsional bagi penghuninya, demikian juga untuk sebuah kantor. Sebuah kantor pun harus nyaman untuk para pekerja maupun tamu-tamu yang mungkin datang. Tantangannya adalah bagaimana sebuah kantor dapat memberikan rasa nyaman bagi karyawan sehingga mendorong produktivitas, karena tidak seperti rumah, kantor terdiri dari banyak individu dengan pengalaman dan latar belakang yang berbeda. Perbedaan ini yang akan membedakan bagaimana mereka berinteraksi dengan desain interior sebuah ruangan. Hasil interaksi antara karyawan dengan ruangan tersebut yang akan menciptakan atmosphere sebuah ruang kantor.